Beberapa Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Jerawat

Apa itu Jerawat?

Jerawat adalah kondisi kulit umum yang ditandai dengan pori-pori tersumbat (komedo dan komedo putih), jerawat yang muncul di wajah, leher, dada, punggung, bahu, bahkan lengan atas.

Jerawat biasanya dimulai pada awal masa remaja, ketika kelenjar minyak di tubuh mulai mengeluarkan sebum (minyak) berlebih.

Meskipun jerawat biasanya bukan ancaman kesehatan yang serius, jerawat dapat menjadi sumber gangguan emosi yang signifikan. Jerawat yang parah dapat menyebabkan jaringan parut permanen.

Siapa yang berjerawat?

# Siapapun bisa terkena jerawat, tapi paling sering terjadi pada remaja. Ini mungkin lebih buruk pada anak laki-laki karena mereka memiliki lebih banyak minyak kulit.

# Mengubah kadar hormon pada remaja putri dan wanita dewasa dua hingga tujuh hari sebelum periode menstruasi mereka dimulai.

# Keturunan juga berperan. Jika ibu dan ayah Anda memiliki jerawat yang parah, Anda mungkin juga mendapatkannya.

# Beberapa orang sangat sensitif terhadap bakteri yang terperangkap di folikel rambut mereka.

Apa penyebab jerawat?

Penyebab pasti dari jerawat tidak diketahui, tetapi dokter ms glow percaya hal itu disebabkan oleh beberapa faktor terkait.
Salah satu faktor penting adalah peningkatan hormon yang disebut androgen (hormon seks pria). Hormon ini meningkat pada anak laki-laki dan perempuan selama masa pubertas dan menyebabkan kelenjar sebaceous membesar dan mengeluarkan lebih banyak sebum. Perubahan hormonal terkait kehamilan; memulai atau menghentikan pil KB juga bisa menyebabkan jerawat pada wanita.

Faktor lainnya adalah faktor keturunan. Peneliti yakin bahwa kecenderungan berkembangnya jerawat bisa diturunkan dari orang tua.

Kosmetik dan obat-obatan tertentu, diketahui dapat menyebabkan jerawat. Kosmetik berminyak dapat mengubah sel-sel folikel dan membuatnya saling menempel, sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat.

Faktor lingkungan, seperti minyak, polusi dan kotoran.

Stres dan ketegangan – terkait dengan perubahan hormonal.

Apakah jerawat pada wanita menjadi lebih buruk sebelum menstruasi?

Iya. Karena perubahan hormonal selama menstruasi, banyak wanita berjerawat dua hingga tujuh hari sebelum menstruasi. Ini semakin meningkat di masa remaja karena banyak perubahan hormonal yang terjadi saat ini.

Faktor-faktor yang dapat memperburuk jerawat –

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat meliputi:

o Mengubah kadar hormonal pada remaja. Pada anak perempuan dan wanita dewasa, sebelum masa menstruasi mereka dimulai

o Minyak dari kosmetik, produk kulit atau minyak

o Tekanan dari garmen, helm, perlengkapan olahraga, elastis ketat

o Iritasi lingkungan, seperti polusi dan kelembaban tinggi

o Menggosok kulit dengan keras

Jenis pakaian / kosmetik apa yang mempengaruhi jerawat?

Jika ada tekanan konstan akibat ikat kepala, tali bra, ikat pinggang, itu bisa menyebabkan munculnya jerawat di area kulit tersebut.

Kosmetik tertentu dapat menyebabkan pembentukan komedo di kulit. Hindari minyak rambut, yang menyebabkan komedo dan komedo putih di sepanjang garis rambut Anda. Beberapa orang juga sensitif terhadap losion berjemur.

Apakah jerawat menimbulkan bekas luka?

Jerawat, terutama jerawat kistik, bisa menimbulkan bekas luka pada beberapa orang. Anda dapat membantu mengurangi jaringan parut dengan tidak menekan noda. Selain itu, hindari menggosok kulit Anda. Jika Anda mendapatkan bekas luka, perawatan tersedia.

Beberapa kebenaran tentang jerawat:

► Jerawat paling sering dimulai pada usia 11 tahun untuk anak perempuan dan 13 tahun untuk anak laki-laki.

► Tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa junk food dan makanan berminyak menyebabkan jerawat.

► Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa kulit atau rambut berminyak menyebabkan jerawat

► Jika Anda atau pasangan Anda pernah berjerawat saat remaja, kemungkinan besar dia akan mengalaminya.

 

Baca juga : Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan laut(AL): Kami Belum Dapat Yakinkan Keadaan Kru KRI Nanggala- 402

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *