Layanan Ditjen Hak Kekayaan Intelektual

Ketika perusahaan tumbuh, lini produk berkembang, dan kondisi pasar berubah, pemilik bisnis sering kali mendapati diri mereka memiliki citra merek perusahaan yang tidak lagi mencerminkan siapa mereka atau apa yang mereka lakukan. Mungkin mereka memulai di ceruk pasar, atau dengan produk yang sangat spesifik, dan membangun seluruh identitas perusahaan di sekitarnya – dan bisnis tersebut sekarang melayani basis pelanggan yang berbeda, lebih besar atau lebih beragam.

Apa yang harus dilakukan?

Gejala pasti dari ketidaksesuaian hak kekayaan intelektual merek ini adalah kebutuhan terus-menerus untuk menjelaskan atau mengklarifikasi apa yang sebenarnya dilakukan perusahaan. Atau ketika seorang pemilik bertanya, “Kami lebih dari sekadar (mengisi layanan atau kategori produk.) Pada titik ini, strategi merek baru jelas dalam urutan, tetapi itu menimbulkan pertanyaan ” Apakah saya perlu mengubah posisi perusahaan saya atau sepenuhnya mengubah namanya? ”

Reposisi jika namanya benar tetapi pesannya salah

Reposisi perusahaan masuk akal bila nama merek perusahaan sudah mapan dan tidak menyesatkan. Dengan kata lain, ini bukan masalah identitas melainkan dengan pesan dan fokus. Apple memperluas di luar lini produk inti komputer aslinya, tetapi itu tidak memerlukan perubahan dalam nama mereka. Mereka hanya menghilangkan kata “Komputer” dari nama mereka dan mengubah merek mereka untuk mencerminkan filosofi “Berpikir Berbeda”. Mereka tidak lagi memposisikan merek mereka sebagai “perusahaan komputer” tetapi lebih sebagai penyedia gaya hidup digital yang keren.

Dale Jarrett Racing Adventure merasa dibatasi oleh citra merek mereka sebagai sekolah balap. Ini memengaruhi pendekatan mereka terhadap periklanan, pemasaran, dan pengembangan produk. Setelah dengan hati-hati menentukan proposisi nilai inti mereka, mereka muncul kembali dengan slogan “Full Throttle Living!” Penekanannya bergeser dari mobil ke pengalaman. Dan pengalaman itu telah diperluas untuk mencakup peragaan ulang Perang Dunia II dan latihan pemadam kebakaran. Mereka sekarang memposisikan diri sebagai perusahaan petualangan seumur hidup yang mensimulasikan kehidupan seorang profesional yang memacu adrenalin. Itu perbedaan besar dari sekolah balap, dan itulah kekuatan reposisi.

Old Spice telah melakukan upaya bersama untuk mengubah posisi mereknya dari produk aftershave yang kaku menjadi rangkaian “barang harum pria yang keren”. Kampanye video viral mereka telah berfungsi untuk memperkenalkan audiens baru ke cologne yang dulunya kuno ini.

Ubah merek jika nama perusahaan Anda menyebabkan kebingungan

Rebranding mulai berlaku ketika identitas asli perusahaan telah usang, membingungkan, atau langsung menyesatkan. Pemilik dan staf semuanya dapat menyetujui posisi dan pesan merek saat ini, tetapi pelanggan tidak dapat melewati nama itu sendiri. CompUSA berjuang untuk mencap dirinya lebih dari sekedar komputer. Radio Shack secara mental terikat pada teknologi lama dan bangunan bobrok. Burlington Coat Factory menjual lebih dari sekadar mantel. Pada titik tertentu, biaya klarifikasi merek menjadi sangat efisien sehingga lebih masuk akal untuk memulai dengan yang bersih.

Apakah 3M akan diakui sebagai pemimpin global dalam inovasi jika tetap menjadi The Minnesota Mining & Manufacturing Company? Perusahaan elektronik konsumen populer LG melakukan perubahan merek dua kali, dari nama warisan asli Lak-Hui Chemical Industrial Corporation menjadi Lucky Goldstar, dan pada tahun 1995 menjadi nama LG saat ini dengan tag line “Life’s Good.”

Reposisi dan rebranding membuat perusahaan tetap terkini, relevan, dan menguntungkan

Baik reposisi dan rebranding melayani tujuan kejelasan merek yang lebih besar. Reposisi menyoroti peran perusahaan yang muncul dan mendefinisikan kembali wilayah barunya di pasar, (seringkali dengan tetap mempertahankan nama warisan, misalnya Apple) Rebranding membahas identitas perusahaan yang menghadap ke luar, biasanya nama dan komponen visual, dan membantu meringankan dan / atau perbaiki kesalahpahaman tentang arah bisnis (mis. 3M dan KFC).

Rebranding dan / atau reposisi menawarkan keuntungan yang unik dan spesifik bila diterapkan dengan benar. Memperjelas identitas merek dan posisi pasar memungkinkan pelanggan potensial untuk menempatkan perusahaan di “kotak” mental yang tepat untuk penarikan yang mudah dan akurat. Jenis branding intuitif ini mengurangi kebingungan pelanggan, meningkatkan kinerja garis bawah, dan memposisikan perusahaan Anda untuk kesuksesan yang berkelanjutan. Dengan pertimbangan yang cermat, rebranding dan reposisi akan membuat pelanggan Anda lebih sering mengingat dan mengunjungi Anda kembali.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *