Peraturan Syarat Pendaftaran Merek Dagang di Yordania

Undang-Undang Merek Dagang menjelaskan merek dagang dalam arti luas sebagai tanda yang terlihat secara visual, seperti kata, logo, angka, huruf, slogan, atau warna. Hukum tidak berlaku untuk merek dagang nontradisional seperti suara atau bau. Hukum mengakui merek layanan, yang merupakan area yang sebelumnya tidak dikenali. Mengingat fakta bahwa hampir 70 persen dari PDB Yordania berasal dari jasa, perlindungan merek jasa sangat penting dalam industri jasa.

Undang-undang (pasal 7.1) menentukan kondisi dan prosedur pengajuan dan syarat pendaftaran merek dagang. Berdasarkan Undang-undang, merek dagang harus memenuhi persyaratan untuk menjadi khas. Misalnya, kata “sayur” tidak dapat didaftarkan sebagai merek dagang untuk wortel, karena ini adalah istilah umum untuk wortel. Namun, kekhasan faktual, sebagaimana seharusnya kekhasan yang melekat, dapat diperoleh melalui penggunaan. Dengan kata lain, tanda-tanda ini dapat dilindungi jika memiliki arti sekunder.

Undang-undang tersebut membahas sistem niat untuk menggunakan (pasal 11.1), dan tidak mengharuskan penggunaan merek dagang yang sebenarnya sebagai syarat untuk mengajukan pendaftaran. Niat untuk menggunakan merek dagang untuk barang, sehubungan dengan merek dagang yang akan didaftarkan sudah cukup. Persyaratan niat untuk menggunakan dapat menyebabkan peningkatan jumlah aplikasi merek dagang. Bukti niat untuk menggunakan dapat ditunjukkan melalui bisnis yang sedang berjalan.

Hukum mengizinkan penentangan selama penuntutan permohonan merek dagang (pasal 14). Dalam kasus seperti itu, pemohon harus menunjukkan alasan yang sah mengapa pemohon tidak berhak mendaftarkan mereknya. Undang-Undang Merek Dagang tidak menentukan alasan hukum yang akan meniadakan hak atas pendaftaran, seperti persyaratan bahwa penentang membuktikan informasi palsu atau kerusakan ekonomi.

Penggunaan merek dagang secara bersamaan pada barang yang identik atau serupa tidak mencegah pendaftaran. Namun, registrasi penggunaan bersamaan dapat diberikan atas kebijaksanaan Panitera. Selain itu, Panitera menentukan keadaan dan ketentuan untuk pendaftaran tersebut.

Berdasarkan prinsip teritorial, merek dagang harus didaftarkan di Yordania sebelum dilindungi. Undang-undang memberikan perlindungan dalam jangka waktu 10 tahun yang dapat diperbarui (pasal 34.1). Pemilik merek dagang terdaftar memiliki hak eksklusif untuk mencegah pihak ketiga tidak memperoleh persetujuannya dari penggunaan dalam rangka perdagangan, tanda identik atau serupa untuk barang atau jasa yang identik atau mirip dengan merek dagang terdaftar di mana penggunaan tersebut akan mengakibatkan kemungkinan kebingungan. Ini berarti bahwa beban untuk membuktikan persetujuan dari pemilik akan ditanggung oleh tergugat.

Undang-Undang Merek Dagang memberikan hukuman kepada pelanggar yang salah merepresentasikan barang atau menggunakan merek dagang palsu. Undang-undang Merek Dagang mengatur perintah penghentian dan penghentian. UU Merek juga mengatur penyitaan barang secara sela, yang akan dilakukan atas permintaan pemilik merek dagang (pasal 39). Selain itu, Undang-Undang Merek Dagang secara khusus mengatur penghancuran atau pembuangan materi atau alat yang digunakan dalam pelanggaran merek dagang.

Perlindungan merek terkenal di Yordania area di mana beberapa reformasi diperlukan untuk memastikan kepatuhan dengan Konvensi Paris dan kewajiban TRIP untuk melindungi merek terkenal.Karena kurangnya ketentuan eksplisit yang mencegah pendaftaran merek terkenal, banyak perusahaan Yordania lokal mengajukan aplikasi untuk mendaftarkan merek terkenal atas nama mereka sendiri.

Banyak pemilik asing dari merek dagang terkenal harus mengajukan tuntutan hukum di Yordania karena pendaftaran merek dagang oleh orang Yordania. Misalnya, Shaheen International Corporation Co. mengajukan permohonan untuk mendaftarkan merek PILLSBURY atas namanya di Yordania.

Sejak 1999, merek terkenal dilindungi secara tegas. Hukum Merek Dagang menetapkan ketentuan khusus untuk melindungi merek terkenal. Undang-undang tersebut mendefinisikan merek dagang terkenal sebagai merek yang dikenal luas oleh publik yang relevan di Yordania dan yang memiliki reputasi internasional yang tinggi. Oleh karena itu, dalam menilai apakah suatu merek terkenal atau tidak, seseorang menentukan apakah merek tersebut telah melampaui batas negara asalnya dan bahwa merek tersebut dikenal baik oleh segmen konsumen yang relevan di Yordania.

Undang-undang Merek Dagang (pasal 8.12) melarang pendaftaran merek dagang yang merupakan reproduksi atau terjemahan, yang dapat menimbulkan kebingungan, dari merek terkenal pada barang yang identik atau serupa. Selain itu, Undang-Undang Merek Dagang melarang penggunaan merek dagang yang terkenal tetapi tidak terdaftar pada barang dan jasa yang berbeda, asalkan penggunaan merek dagang tersebut dalam kaitannya dengan barang atau jasa tersebut akan menunjukkan hubungan antara barang atau jasa tersebut dan pemilik merek dagang tersebut. , dan asalkan kepentingan pemilik merek dagang cenderung dirusak oleh penggunaan tersebut. Dengan demikian, merek terkenal dapat dipertahankan meskipun tidak terdaftar atau pemiliknya tidak menjalankan bisnis di Yordania.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *